9 produk kedelai hasil rekayasa genetika di Indonesia, yoghurt salah satunya

[ad_1]

KOMPAS.com – Ketua Komite Keamanan Hayati Produk rekayasa genetika Bambang Prasetyo mengatakan bahwa kedelai merupakan komoditas pokok yang berdampak besar bagi perekonomian masyarakat.

Inilah yang dia katakan dalam seminar Simposium Makanan dan Minuman Kedelai Pertama: Masa Depan Bisnis Makanan dan Minuman Kedelai pada Selasa (30 Agustus 2022).

Kedelai banyak UMKM yang ditampung sehingga banyak terjadi gejolak di UMKM kedelai di Indonesia,” kata Bambang.

Sebagai salah satu bentuk penunjang produksi kedelai, rekayasa genetika merupakan salah satu cara yang digunakan oleh produsen untuk tujuan komersial.

Bambang mengatakan setidaknya ada sembilan produk turunan sejauh ini produk kedelai yang dimodifikasi secara genetik di Indonesia.

Baca juga:

1. Yoghurt

Yogurt terbuat dari susu sapi yang difermentasi. Meskipun sapi bukan hasilnya produk rekayasa genetikatetapi makanan yang terbuat dari kedelai atau jagung untuk pakan ternak mungkin merupakan produk rekayasa genetika.

Dengan bantuan produk rekayasa genetika, sapi dapat mempercepat pertumbuhan sapi dan membantu sapi perah menghasilkan lebih banyak susu.

2. Berpakaian salad

Salad sering dijadikan pilihan makanan bagi orang yang sedang diet atau ingin hidup sehat.

Mungkin Anda sudah yakin dengan sayuran organik yang digunakan untuk mengisi salad. Tapi jangan lupa perban salad. Saus salad terbuat dari jagung, kedelai, dan minyak lobak, yang merupakan produk rekayasa genetika.

Baca juga: 5 saus salad terkenal dari makanan sehat favorit Anda

Gambar granola, biasa digunakan untuk mengisi smoothies.UNSPLASH/ ABHISHEK HAJARE Gambar granola, biasa digunakan untuk mengisi smoothies.

3. Granola

Granola adalah salah satu isiannya smoothie yang sering digunakan. Meskipun granola terlihat sehat dan alami, granola mungkin mengandung kedelai, jagung, dan gula, yang juga merupakan produk rekayasa genetika.

4. Burger vegetarian

Burger vegetarian kerap menjadi pilihan orang yang ingin menyantap makanan cepat saji namun tetap sehat.

Meski terlihat sehat, ingatlah bahwa kedelai yang digunakan untuk membuat burger vegetarian kebanyakan ditanam di Amerika Serikat.

Dijelaskan, Amerika merupakan salah satu negara pengimpor kedelai. Hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa kedelai yang dihasilkan adalah produk rekayasa genetika.

Baca juga: Resep Burger Tempe untuk perlengkapan sekolah anak, cara Tempe yang unik

5. Zucchini

Timun Jepang atau zucchini adalah labu yang dipanen saat belum matang. Warnanya kuning dan biasanya diolah menjadi sayuran.

Sebelum membeli, pastikan labu tersebut ditanam secara organik, karena kemungkinan pupuk yang digunakan bukan berasal dari organik.

6. Tambahkan gula aspartam

Makanan yang mengandung aspartam atau pemanis buatan biasanya merupakan produk rekayasa genetika. Beberapa dari mereka seperti makanan sedikit gula, bebas gulaminuman ringan, es krim, sirup, kue dan bahkan vitamin.

7. Minuman berprotein (bubuk)

Anda pasti pernah mencoba minuman seduh yang banyak ditemui di pasaran. Perhatikan komposisi minumannya, karena mungkin mengandung kedelai.

Hal ini biasanya terdapat pada minuman berprotein khusus untuk orang yang ingin membentuk massa otot.

Baca juga:

Gambar susu kedelai.Dermaga. Jalur Kesehatan/Marti Sans Gambar susu kedelai.

8. Margarin

Margarin terbuat dari minyak lobak dan minyak sayur. Hindari produk rekayasa genetika, Anda dapat memilih menang mengandung komposisi bahan organik.

9. Roti gandum utuh

Saat membeli roti gandum, perhatikan komposisi bahan yang digunakan. Roti gandum utuh biasanya terbuat dari fruktosa tinggi, minyak dan tepung kedelai.

Produksi roti gandum dalam jumlah besar tentu membutuhkan kedelai dalam jumlah besar. Oleh karena itu kemungkinan bahan baku yang digunakan juga mengandung produk rekayasa genetika.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terbaru setiap hari dari Kompas.com. Gabung grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, lalu bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.



[ad_2]

http://www.kompas.com/food/read/2022/08/31/083300275/9-produk-rekayasa-genetik-kedelai-di-indonesia-salah-satunya-yoghurt?page=all